PENDIDIKAN

Mantap, UIN Sunan Gunung Djati Bandung jadi PTKN Terbaik Nasional Versi Peringkat Webometrics

JAKARTA, MPN – Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) terbaik se-Indonesia versi peringkat Webometrics.

Dalam pemeringkatan tersebut, universitas yang berlokasi di Jalan AH Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini juga masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia. Versi Webometrics, UIN SGD Bandung berada di peringkat ke-38 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, dan ke-3.913 dunia.

Webometrics Ranking Web of Universities yang merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia tersebut, juga merilis Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang berhasil masuk dalam daftar tersebut. Bahkan, 8 di antaranya berada di 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi yang menggunakan dua indikator, yakni webometrik dan bibliometrik. Kehadiran dan visibilitas web dapat menjadi indikator kinerja sebuah perguruan tinggi.

Dikutip dari laman Kemenag RI Jumat (30/07/2021), pemeringkatan webometrics ini sering dijadikan sebagai acuan bagi para lulusan SMA, maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Berikut 10 PTKN terbaik versi Webometrics Juli 2021: 1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia (selanjutnya ditulis PTTI) : 38, Ranking Peringkat Dunia (selanjutnya ditulis PD) : 3.913.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta). PTTI : 51, PD : 4.317.

3. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN Raden Intan Lampung). PTTI : 60.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka Yogyakarta). PTTI : 70.

5. Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN Kendari). PTTI : 72.

6. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung). PTTI : 74.

7. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. PTTI : 80, PD : 5235.

8. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. PTTI : 99.

9. Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN Pontianak). PTTI : 104. 10. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. PTTI : 107.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 17 =